Selasa, 13 Januari 2009

PENGERTIAN KERNEL LINUX

Kernel merupakan inti dari linux, kadang-kadang orang menyebut linux adalah kernel,Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Windows juga mempunyai sebuah kernel, tapi karena sifatnya tertutup, maka kernel dari si windows susah untuk di lacak. Setiap sistem operasi pasti punya kernel.

Adapun tugas dari kernel :
Melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut (multiplexing)

Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam. Sehingga abstraksi pada akhirnya memudahkan pekerjaan programer.

Pada linux, kernel bebas kita dapatkan, nama file nya kira-kira seperti,linux-2.6.22.2.tar.bz2 Kernel juga selalu di update, selalu diperbaiki untuk menjaga kestabilan dan kehandalan system. Dari membaca versi kernel kita sebenarnya bisa mengetahui apakah kernel ini stabil atau masih dalam pengembangan.

Telah kita ketahui bahwa linux itu sangat banyak, direlease dalam berbagai macam versi atau distro. Sebenarnya di antara distro-distro tersebut, kernelnya pasti sama (intinya pasti sama). Yang membedakan antara distro-distro tersebut hanyalah software pelengkap, atau fitur-fitur tambahan. intinya sama tapi pembungkusnya beda, itulah hubungannya kernel dengan distro.

related post:

0 komentar:

Posting Komentar

Tips and Trik