Senin, 15 Juli 2013

Pengenalan RAM, ROM dan Fungsinya

Langsung aja deh,berikut ini sedikit referensi penjelasan apa itu ram, rom dan juga fungsinya.  

#RAM

RAM singkatan dari Random Acces Memory terdiri dari sekumpulan chip-chip yang berhubungan (klo tidak berhubungan gak bakalan bisa dipake :p). Penggunaan atau fungsi dari RAM itu sendiri adalah untuk menampung semua data yang akan diproses, instruksi-intruksi program untuk memproses data, data yang telah diproses dan sedang menunggu untuk dikirim sebagai output, serta juga menampung instruksi sistem operasi pengontrol fungsi dasar dari komputer.


 

Di dalam RAM semua data dan instruksi ditampung secara temporer (tidak permanen), tergantung dengan data yang diproses. Ketika RAM dicabut dari Mainboard saat daya mati maka semua data dan instruksi yang ada di dalamnya akan hilang secara permanen.

Kapasitas RAM sangat bervariasi dalam komputer, dalam hal ini kapasitas memory ram sangat penting karena menentukan seberapa banyak data yang bisa diproses dalam waktu yang sama dan seberapa besar program yang bisa menempatinya. Sistem operasi komputerlah yang bertugas membagi penggunaan RAM agar bisa menjalankan program dengan baik.(klo sempet saya akan posting juga perkembangan RAM di indonesia saat ini,itu aja kalo sempet..hehe) 



#ROM

Bisa dikatakan Read Only Memory (ROM) yaitu merupakan kumpulan chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang dibutuhkan saat komputer dinyalakan. ROM tidak dapat ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM dibuat dengan sistem instruksi dan program yang sudah disimpan dan diisikan oleh pabrik pembuatnya. Untuk mengganti isinya adalah dengan menggantinya dengan ROM yang baru.

ROM biasa digunakan dalam komputer untuk penyimpan BIOS (Basic Input Output System). BIOS merupakan bagian yang sangat kritis dari suatu sistem operasi, yang berfungsi memberi tahu bagaimana caranya dapat mengakses disk drive. Saat komputer dinyalakan dalam kondisi RAM masih kosong maka instruksi pada ROM BIOS yang digunakan oleh CPU, komputer kemudian baru memindahkan file-file tersebut ke dalam RAM dan menjalankannya.



Itu aja yang bisa saya jelaskan tentang apa itu RAM dan ROM, mungkin juga bisa dibilang Perbedaan RAM dan ROM.


ehm.. 

- butuh referensi tentang jenis-jenis Memory RAM ato enggak ya ??

- ya uda kali aja butuh :d

mau tahu sekallian perkembangan RAM saat ini

related post:

0 komentar:

Posting Komentar

Tips and Trik