Sabtu, 22 Januari 2011

SITUS JEJARING SOSIAL 2011

Quora situs jejaring sosial 2011, Sepanjang tahun 2010, pengguna internet kebanyakan telah menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Kedua situs jejaring sosial yang belum lama muncul ini, semakin popular di seluruh dunia. Kedua situs tersebut berhasil menggeser situs jejaring lainnya seperti MySpace, Friendster, dan Bebo. Perlahan-lahan mereka mulai memudar di jagat jejaring sosial ini. Lalu apakah di tahun 2011 ini, Facebook dan Twitter akan tetap bersinar? Bicara pada tahun 2011 ini, ada yang mengatakan Facebook batal IPO meski valuasinya sudah mencapai Rp 450 triliun, kemudian MySpace dijual, bahkan ada kabar juga jika Twitter pada tahun 2011 ini akan mulai terlupakan karena membosankan. Namun, jika bicara soal layanan yang mirip dengan Twitter, nampaknya tahun ini masih akan menjadi tren di jejaring sosial.

Mengapa Twitter diperkirakan akan membosankan? Layanan mikroblog itu memang tetap meluncurkan sejumlah fitur-fitur baru ke depannya, diikuti dengan turunnya eksekutif senior atau regenerasi. Baru-baru ini, Twitter juga mendapat suntikan dana untuk membangun platform iklan dan desain ulang.

Namun, Twitter diprediksi akan fokus pada platform iklan dan meluncurkan fitur-fitur untuk mendukung bisnisnya semata. Inilah yang ditakutkan akan membuat perkembangannya lamban. Setahun ke depan, Twitter akan menjadi salah satu layanan media sosial paling membosankan. Tapi, baru sebatas ramalan.

Untuk saat ini, Twitter masih boleh tenang. Tapi, beberapa saat lagi Twitter akan kedatangan kompetitor baru yang bernama Quora. Quora ini adalah situs jejaring sosial yang bisa dibilang hampir mempunyai layanan yang mirip dengan Twitter, namun Quora adalah jawaban atas kesempurnaan dari Twitter. Ia muncul untuk menjadi bursa pengetahuan online dunia. Bisa dibilang juga seperti wikipedia, karena situs ini akan menampung segala pertanyaan, jawaban, dan hasil suntingan yang dibuat oleh penggunanya.

Quora diramal akan meledak pada tahun ini karena fungsinya kurang lebih sama dengan Twitter, dimana para penggunalah yang menghasilkan konten (user generated content), maka Quora akan memanfaatkan momen tersebut untuk menggeser Twitter. Situs tanya jawab sosial Quora asal Silicon Valley bisa saja menjadi primadona baru tahun ini. Sayangnya, Quora yang diluncurkan Juni 2010 lalu masih belum bisa dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat umum. Namun, kami yakin mereka akan memulainya tahun ini, memanfaatkan momentum Twitter dan siap lepas landas.

Quora bisa merepresentasikan tren teknologi yang lebih besar, yang mana dapat memenuhi sebagian besar kriteria kebutuhan rata-rata pengguna media sosial. Jika di Twitter, Anda bisa mengikuti seseorang, di Quora Anda juga bisa mengikuti topik dan pertanyaan selain orang. Artinya, Anda bisa mengikuti hal apa saja yang Anda suka, tidak sebatas figur atau orang saja.

related post:

0 komentar:

Posting Komentar

Tips and Trik