Selasa, 05 Juni 2012

Spam dan junk mail yang tidak selalu sampah

Tidak semua e-mail spam atau junk mail benar-benar sampah yang tidak bermanfaat. Kadang ada beberapa e-mail dari relasi bisnis terjaring dan masuk ke folder spam atau junk di dalam email Anda. Sistem anti-spam biasanya akan melakukan pembobotan dan penilaian terhadap semua e-mail yang masuk.
Jika dalam email tersebut ada kata-kata yang umum terdapat dalam suatu e-mail spam, maka sistem secara otomatis akan memasukkan dan menggolongkan e-mail tersebut dalam folder spam atau junk mail. Masing masing provider email memiliki cara pembobotan dan penilaian yang dilakukan oleh sistem anti-spam, baik di e-mail client seperti Outlook dan Thunderbird, maupun pada webmail seperti Yahoo Mail, Gmail, Hotmail, dan webmail sejenis lainnya.
E-mail apa saja yang bisa digolongkan sebagai spam atau junk mail? Hampir sebagian besar e-mail yang digolongkan sebagai spam atau junk mail biasanya berupa promosi, iklan, bahkan penipuan.
Berikut ini beberapa contoh  e-mail dikatakan sebagai spam:
Mengandung ajakan untuk bergabung ke bisnis dengan sistem piramida
Jika Anda mendapatkan e-mail yang isinya ajakan untuk ikut dalam suatu sistem dengan model piramida, maka e-mail tersebut biasanya langsung digolongkan sebagai spam. Dalam email tersebut umumnya Anda akan ditawarkan untuk ikut dalam sistem piramida mereka dengan modal kecil dan diiming-imingi harapan bahwa Anda akan memperoleh penghasilan jutaan rupiah dalam waktu singkat. Biasanya Anda akan diminta untuk mengundang teman atau relasi Anda untuk bergabung dengan tawaran komisi atau bagi hasil.
Jenis lain yang tidak jauh berbeda dari e-mail jenis ini adalah e-mail berantai untuk menyebar ajakan ini dengan iming-iming hadiah. Umumnya e-mail jenis ini selalu mengandung kalimat seperti berikut: “Kirimkan e-mail ini ke 10 teman Anda, maka Anda akan segera mendapatkan hadiah sebuah notebook terbaru merk A”. Kegiatan ini ilegal dan bersifat penipuan.
Produk Kesehatan dan Diet Secara Instant
Beberapa e-mail menawarkan produk kesehatan ataupun diet yang seolah olah hebat. E-mail seperti ini sangat banyak dikirim oleh para spamers, khususnya dari luar negeri. Misalnya Anda mendapat penawaran sebuah pil atau obat yang bisa membuat Anda langsing tanpa perlu olahraga dan melakukan diet.
Kalimat penjebak yang dilampirkan didalam e-mail ini misalnya: “terobosan sains terkini”, “penyembuhan ajaib”, “formula rahasia” atau bahkan “ramuan tradisional”. Tergantung pengirimnya, bisa dalam bentuk Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Umumnya dari produk-produk istimewa ini hanya berupa penipuan, karena tidak memiliki efek seperti yang diiklankan.
Pemenang undian / lotere
Anda mendapatkan e-mail yang menginformasikan bahwa Anda adalah pemenang suatu paket  istimewa atau pemenang undian berhadiah. Atau beberapa lainnya mengatakan bahwa Anda orang beruntung yang mendapatkan hadiah istimewa. Ini juga salah satu bentuk penipuan dengan memanfaatkan rasa emosi seseorang yang begitu gembira karena menang suatu hadiah yang bernilai. Jangan mudah percaya, sebenarnya e-mail seperti ini bukan diterima oleh Anda sendiri. E-mail iklan yang sama juga dikirim ke jutaan orang lainnya untuk menipu penerima email bahwa mereka adalah satu-satunya pemenang atau orang terpilih.
Phising
Definisi Phishing itu sendiri adalah mengelabui. E-mail seperti ini 100% bersifat menipu. Sebagai contoh kasus,spamers mengirimkan e-mail seolah olah dari sebuah bank yang menjelaskan bahwa Anda harus memperbaiki data pribadi Anda di situs web bank tersebut. Lalu Anda diberi sebuah link web “resmi” bank tersebut. Padahal halaman situs web palsu itu benar-benar mirip dengan situs resmi sehingga Anda akan sangat mudah terjebak jika tidak berhati-hati. Jika Anda klik link tersebut, Anda mulai terjebak. Jika Anda login atau mengisi data pribadi di situs tersebut, maka Anda benar-benar sudah terjebak dan tertipu. Jika Anda menerima e-mail seperti itu, abaikan, atau hubungi langsung bank tersebut. Jangan sampai anda mengalami kerugian finansial karena data anda dicuri

related post:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Tips and Trik