Jumat, 08 Maret 2013

Laptop Berumur Panjang, Triknya


Laptop, ya... barang yang satu ini memang tidak asing lagi bagi kita. Hampir tiap kalangan pasti mengenal (mengenal, bukan berarti memiliki). Apalagi bentuknya yang kecil dan sering diistilahkan dengan portable computer, sangat membantu bagi siapapun yang berkecimpung di dunia internet. Bahkan bagi sebagian orang, laptop sudah menjadi soulmate, ada juga yang sempat memberi nama (ckk...ckk...ckk). Ada juga sebagian orang yang menganggap laptop seperti tv, dipake terus dalam waktu yang lama. Ya tak masalah, tapi ingat waktu! Itu mah, terserah orangnya dan kebutuhan masing-masing.

Tapi yang jelas, sudah jadi keharusan untuk merawat laptop bagi yang memiliki. Mau notebook, netbook, desktop, apapun namanya, semua harus dirawat. Berikut tips-tips yang dapat memperpanjang umur dari si-laptop:

Berhati-hati pada saat berinternet

Spyware, virus, cracker, semua selalu mengancam. Kegiatan paling rawan saat berinternet antara lain download software, social networking dan game online, belanja online. Jadi lebih baik bila diantisipasi dengan pihak kedua yakni softawe antivirus, antispyware dan sejenisnya.


Jaga kondisi temperatur laptop

Jangan gunakan softcase atau sarung laptop saat berlaptop ria. Bagusnya lagi, selalu pakai cooling pad. Sesuaikan posisi fan cooling pad dengan ventilasi udara di bagian bawah laptop agar sirkulasi udara sesuai dan suhu terjaga. Prosesor yang terlalu panas bisa terbakar, beneran! Terus jangan langsung tutup laptop setelah digunakan. Suhu laptop masih panas, dan udara panas yang terjebak bisa berimbas pada layar yang rusak.


Hindari sinar matahari langsung

Tanpa ada campur tangan apapun, laptop yang digunakan akan meningkat suhunya. Nah, apalagi bila menggunakan laptop, dimana laptop tersebut terkena sinar matahari secara langsung. Semakin panas suhunya (bagian dalam).


Jaga harddisk dan layar laptop

Kedua bagian ini paling rawan dari kerusakan. Harddisk gampang kegores, dan layar rentan terhadap tekanan. Jangan memindah-mindah laptop saat sedang digunakan, karena head harddisk menggores cylinder saat sedang bekerja sehingga akan berakibat fatal. Juga jangan meletakkan benda-benda di atas laptop saat laptop ditutup. Bahaya dan sangat tidak disarankan.


Segera lepaskan konektor charger saat baterai fully-charged

Rata-rata, charging terlaly lama dapat penyebab layar laptop cepat rusak, lagipula umur baterai juga jadi cepat drop. Mungkin pertama kali digunakan baterai dapat bertahan sampai 4-5 jam. Tapi lambat laun akan berkurang, bisa-bisa hanya bertahan 1-2 jam saja (tanpa charging).


Pakai keyboard protector

Celah-celah antar tombol laptop merupakan pintu masuk menuju komponen dalam laptop. Debu saja sudah bisa jadi masalah, apalagi kalau cairan semacam kopi yang selalu menemani programming. Tidak!! Wait, jangan lupa, keyboard protector yang baik tidak mengganggu tangan saat mengetik, tidak merusak permukaan tombol keyboard, dan tetap memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan sampai pepatah "Karena kopi setetes, rusak motherboard se-laptop" terjadi.


Jauhkan laptop dari benda-benda bermagnet kuat

Selain sumber magnet sungguhan, peringatan ini juga berlaku pada pengeras suara alat berat atau alat getar lainnya, sinar x-ray di bandara. Jeleknya, kalau nonton tv dilakikan bersamaan dengan menggunakan laptop. Gak hemat energi juga kan?


Berhati-hatilah ketika akan menancapkan konektor
Konektor disini antara lain konektor/kabel RJ-45 atau RJ-11 pada port yang tersedia pada laptop. Hal ini disebabkan kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.


Simpan laptop bila tidak digunakan

Saat laptop tidak digunakan dalam waktu yang agak lama, simpan laptop dalam tas dan masukkan silica gel. Silica gel ini berguna untuk menyerap air atau kelembaban. Bila perlu, lepas baterai. Masukkan ke kantung plastik tertutup, bisa juga disimpan di kulkas (bercanda).


Gunakan selalu tas laptop saat bepergian

Sudah jelas untuk mencegah kotor, juga melindungi terhadap benturan.


Jangan ceroboh untuk membongkar laptop sendiri

Jika laptop bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya serahkan pada teknisi atau service-center terdekat. Karena mungkin saja kerusakan malah akan menjadi semakin berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi, membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.


Sentuhlah dengan cinta

Ceileh! Maksudnya, ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah. Saat membuka, gunakan dua tangan. Satu untuk membuka, satu untuk menahan bagian bawah. Pelan-pelan, jangan asal glodak brak!

Berhati-hati saat menggunakan CD

Saat ingin memasukkan dan mengeluarkan CD, jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Peganglah compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.


Jangan lupa dibersihkan

Bukan dicuci, dipel, dijemur, apalagi disetrika, dikasih pewangi celup apa semprot... Ya dilap, dibersihkan pakai kuas lembut... Atau lebih mudahnya, coba produk cleansing kit untuk laptop dan patuhi petunjuk penggunaannya.


Sekian, mungkin masih terdapat satu, dua, bahkan berpuluh-puluh tipsl ainnya yang belum tercantumkan untuk memperpanjang umur laptop. Semoga bermanfaat, amiin.

related post:

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Tips and Trik